10 Aug 2016

Komunitas gemsor anniversary ke-8

bagi sebagian orang, ulang tahun adalah hari paling specil dalam hidup, dimana itu hanya bisa dirayakan setahun sekali atau bisa juga disebut "happy anniversary". bagi sebagian orang juga anniversary biasa di identikan dengan hubungan antar dua manusia yg sedang kasmaran, bisa setahun sekali mereka mengadakan anniversary atau bisa juga sebulan sekali bagi ceweknya yg posesif.

ngomongin anniversary, saya selaku admin gemsor kembali dalam euforia ulang tahun komunitas ini, GEMSOR. setelah beberapa tahun menjadi bagian dari komunitas asal cianjur ini, saya sangan bangga akan kesantunan, kebersamaan dan yg paling keren adalah solidaritasnya yg terus diutamakan. tepuk tangan.
di anniversary yg ke-8 ini, bersamaan dengan turnamen sepak bola diwilayah sekitar cidaun, cianjur. alhamdulillah tim kami melaju ke semifinal, semoga menang. dalam rangka anniversary ini, kami juga mengadakan giveaway bagi anggota gemsor, ikutin setiap kuisnya sampai tanggal 17 agustus nanti, dan kuisnya berbatas waktu, jadi ikutin terus kami di page facebook. semangaaat.

3 Apr 2016

Andai zaskia gotic koruptor

Begitu sakralnya nilai pancasila, begitu kuatnya simbol bahkan sampai kata didalamnya hingga membuat satu keutuhan dalam Lima urutan itu.

Kasus zaskia gotik menurut gue emang nyeleneh buat dibahas, dengan cepatnya orang melapor atas tindak pelecehan lambang pancasila itu, entah mau nyari untung kepopuleran atau apalah itu. Yg pasti kasus seleb emang bakalan cepet nyebarnya. Beda sama kasus-kasus korupsi, kadang orang yg mau ngelapor aja segan buat ngelaporinnya.

Kita lihat fakta aja, banyak kasus-kasus korupsi yg mondar-mandir dimedia, tersangaknya masih bisa tersenyum didepan kamera, udah kayak seleb yg Baru naek daun. Dan coba kita lihat zaskia? Dengan satu kesalahnnya itu dia udah khawatir banget, merasa bersalah, penuh minta maaf. Sementara para koruptor? Santai.

Gue bingung aja sama negeri ini, kadang orang-orangnya mudah terprovokasi, mudah terhasut rayuan media, mudah percaya apa yg orang lain bicarakan daripada melihat secara langsung. Dari media, berita hot macam zaskia mudah banget dicari, tapi berita koruptor, media juga pasti banyak yg berhati-hati, entah distasiun televisi atau media cetak. Terkadang seloah-olah malah disembunyikan. Huuh.


Gue makin benci sama hukum di negeri ini, begitu mudahnya dipatahkan dengan uang.

Duuh... Seret..

Kembali ke Zaskia, pedangdut itik itu mungkin memang salah, mungkin kesalahannya ya karna dia emang kurang pendidikan. Maksud lain adalah untuk menghibur, eh malah kena batunya, buat gue masih bisa maklumin, karna sebelum kasus zaskia terjadi, ada banyak orang yg mungkin gak tau juga kalo merubah simbol atau mengganti kata PANCASILA itu suatu kesalahan, tindak pidana.

Dalam kasus ini media kayak langsung dapet tiket konser gratis, menulis, menonton Dan mengomentari zaskia semaunya. Seperti anjing, saat satu mulai menggonggong maka anjing lainnya ikut menggonggong juga, tanpa tau Penyebabnya.

Gue nulis kayak gini bukan berarti dukung zaskia, gue cuma menyampaikan apa yg ada diotak gue aja, kalo emang salah ya harus diperbaiki kesalahan itu. Gue cuma ngebandingin soal laporan kasus zaskia sama kasus koruptor aja.

Yg gue harap, kasus zaskia ini gak terulang lagi, ini adalah salah satu contoh buat kita, mungkin kalo kasus zaskia gak terjadi kita gak bakalan banyak tau sakralnya arti kata Dan simbol pancasila. Merdekaaa.. Bravoo..

Lalu. Harapan gue juga, semoga yg sering ngelapor itu bukan cuma seperti kasus zaskia, tapi kasus-kasus lain juga, kasus koruptor yg jarang dilapokan, malah disembunyi-sembunyikan, disuap lalu dimakan. Bisakan cepet ngelaporinnya kasus korupsi kayak kasus zaskia? Cepat kilat.

Pendapat gue buat zaskia, "mending kamu jadi koruptor aja, biar yg ngelaporinnya enggan dan ragu-ragu". (Ini gue nyindir sapa tau)

Indonesia? Tetap tanah airku., merdekaa..

Dari: www.dianhendrianto.id

11 Mar 2016

Kenapa banyak orang membahas tentang jomblo?

Herman aja gue mah sama orang-orang didunia blogger ini, tiap blogwalking didalem postingannya kadang-kadang suka ada aja kata 'jomlo'. Jomlo itu misteri, jomlo itu sesat, jomlo itu menyedihkan, jomlo itu baperan, jomlo itu gak punya pasangan (iya sih). Dan terserah gue mau nulis jomlo atau jomblo kek, wkwkwk. Aslinya kan emang nulis yg bener itu jomlo. Oke.. Oke.. Gue balik lagi pake kata jomblo, baperan ih elo mh..

Deadpool sewaktu jomblo

Oke yg punya pasangan harap siapkan kopi 2 gelas buat sesajen, karna ini ngebahas tentang jomblo maka yg punya pasangan harus diem dulu, ini lapak khusus jomblo, tapi kalo tulisan dibawah ini ada benernya maka bisa jadi kalian kepengen jombo beneran, resiko jomblo ditanggung penonton (pajak berlaku). Oke di skip aja..

Kenapa banyak blog nulis tentang jomblo?

1. Karena Jomblo itu inspirasi

Buat para blogger yg jomblo, gue yakin (enggak sih) tiap tulisan kerennya itu ditulis saat jomblo kebangetan, lebih enak bikin tulisan malem-malem sampe pagi, (gapapa lah gak ada yg ngucapin 'met pagi bep'), atau sambil lihat orang pacaran. You are amazing banget men! kuat banget gitu menghadapi siklus kejombloannya dengan kegiatan yg positif, makin rajin ngeblog, blogwalking sana-sini, ya siapa tau dapet jodoh dari sesama blogger gitu. Saat jomblo, inspirasi buat dijadiin tulisan itu banyak banget, apalagi kalo tulisannya yg baper-baperan kayak blog gue ini, aaah so sweet baby!! Hidup jomblo...

2. Karena asyik buat diledekin, jomblo lu..

Ini mungkin yg paling gak enak dimata para jomblo, dibully men.. "Ah jomblo lu dasar jomblo." ya kira-kira seperti itu gambaran jomblo dimata orang-orang berpasangan. Kayaknya asyik banget gitu ngebahas jomblo seenaknya dengkul sendiri, nulis sana-sini, ketawa-ketawa sendiri setelah bacanya, padahal secara perlahan lo sadar kalo lo jomblo juga. (Hening)

3. Karena bisa bebas bahas mantan

Sadar gak, kalo mantan itu bisa jadi bahan tulisan kita? Kita bisa nulis tentang mantan semau kita, ada lucunya, sedihnya, ketawanya dan yg paling penting bisa nulis buat ngejelek-jelekin dia, bodo amat kan udah gak ada apa-apa lagi (muahaha, jahat edan luh). Ya sebenernya dari pengalaman yg udah pernah kita lakuin bareng pasangan kita dulu, itu bisa jadi satu buku tebel yg kita buat khusus tentang si dia, coba aja lu tulis satu kisah bareng satu mantan lu di blog, itu bisa jadi lah beberapa postingan di blog lu. Dan bayangin kalo mantan lu banyak? Bisa jadi buku best seller tuh di gramedia, judulnya: "Cara mengenang mantan yg baik dan benar".

Laah.. Terus kalo belum punya mantan gimana om, tante, abang dan jomblo-jomblo sekalian? Ya itu mah derita lo pisan atuh euy...cup cup cup.. Maaf yah kalo nama ucup disebut-sebut (jelek banget sih tu nama, muahaha)

4. Karna jomblo banyak waktunya

Ini bener banget, waktu si jones itu banyak banget, ya cukup lah buat nyari bahan tulisan di blognya. Daripada merenung dikamar gak jelas ngapain aja, mending keliling komplek buat nyari temen jomblo terus curhat-curhatan terus bikin tulisan bareng. Coba fikir, kalo punya pacar terus kita lagi asyik-asyiknya ngeblog si doi malah nelpon, " ayaaaang.. Kamuh kemanah ajaaah gak ngabarin.. Gak ngingetin buat makan dan minum.. Ayaaang..!!!" otomatis tulisan lu jadi amburadul. Kalo jomblo itu, bebas gak ada halangan waktunya, kapan aja dimana aja kapan saja bokernya.. Aah..

5. Karena banyak temen jomblo juga

Hmm.. Sudah kuduga, ini pasti karena para blogger mau mempertahankan kata jomblo agar tidak ditindas, diremas dan dimusnahkan dari dunia ini, terus dibikin itu tulisan sebanyak mungkin tentang jomblo. Dari banyak temen blog yg ngebahas jomblo juga, bisa jadi lo itu emang lagi jomblo beneran, lama-lama kan bisa saling blogwalking, chat-chatan sama temen blog yg jomblo juga, terus mungkin bisa jadian, terus putus terus jomblo lagi. Eh.

6. Menutupi kesedihan hati

Jomblo itu gak enak yah, iyah.. Iya sih kalo emang udah lama banget jomblonya, bahu tidak ada yg nyandarin atau gak ada bahu buat bersandar, gak bisa cipok-cipokan sampe guling-guling gitu. Aaah ini menyengat hati. Dan buat nutupin kekosongan hati itu sendiri ya yg paling pas menurut gue ya nulis aja, nulis apa aja pokoknya, yg penting nulis dan gak harus secepatnya berguna, tapi pasti suatu hari nanti bakalan berarti. Dan bisa aja lo banyak-banyak nulis tentang jomblo seolah-olah lo itu enggak jomblo, gamau dikata jomblo, pengennya disebut 'single aja deh'.

7. Karena emang lagi jomblo
Ini yg paling bener menurut gue kenapa banyak blogger ngebahasnya tentang jomblo, yaa... Karena emang lagi jomblo, bener kan? Mblo!

Pertanyaan:

gue jomblo gak sih?

Jawaban:

masih menjadi misteri (T_T)

Dan, kalo kalian nyangka gue jomblo, itu kesalahan besar karna telah memfitnah gue, gue itu udah punya pacar, ya gamau aja gitu pamer-pamer gak jelas kayak anak alay jalanan.. Gue ya gitu orangnya. O ya gak basa basi deh.. Ini foto si doi

Abang dian kemana sih belom pulang-pulang.. :(

Segitu aja dari gue ngebahas jomblonya, pevita udah nungguin dirumah. mungkin yg lagi jomblo bisa nambahin kenapa banyak blogger jomblo nulis tentang jomblo, tulis aja dikomentar. dan yg pacaran semoga cepet jomblo yah.. Aamiin..


19 Feb 2016

Haruskah kehilangan dulu, baru kita akan mengerti?


Sepulang liburan dari bogor kemaren, gue dapet banyak hal, entah itu keren atau enggak, yg pasti cukup berkesan buat dijadiin cerita dimari. Tentang temen-temen gue, bahagianya, becandanya, serunya dan bapernya.
Ada satu hal yg pengen banget gue bahas, tentang curhatan temen gue, sebut saja dia siti. Ya, siti banyak cerita tentang penyesalannya terhadap seseorang, seseorang (sebut saja: asep) yg dulu sangat Cinta padanya,  cinta yg berawal sejak SMP, itu udah beberapa tahun lamanya, sampai sekarang dia masih tetep ngejar-ngejar siti, meski siti terus nolak dia. Emang Cinta segitunya yah? Mungkin iya, gue gak tau, gue kan belum ngerti betul masalah Cinta, masih kecil dan unyu-unyu gini, gak paham lah hal kek gituan, eaaa.
Kembali ke cerita. Namun mau gimana lagi saat takdir berkata lain, saat asep sudah enggak ada, asep mengalami kecelakaan kendaraan hingga membuatnya meninggal. Saat siti tau hal tersebut, siti gak percaya, kaget betul lah. Saat orang yg bener-bener Cinta mati padanya itu udah gak ada di dunia ini, udah gak bisa menatap langsung siti lagi, gak bisa ngejar lagi.
Kejadian itu membuat siti dirundung penyesalan, kegelisahan Dan keresahan-keresahan atas apa yg udah dilakukan terhadap asep, menggantung Cinta seseorang. Siti ingat hal-hal lucu sebelum asep tiada, seringnya kontek di pesbuk, ngalamar dipesbuk dan hal-hal yg membuat hari-hari siti jadi lebih berwarna, ya walaupun mungkin siti gak menganggapnya serius.
Sebelumnya juga, kata siti kalo asep pernah bikin status dipesbuknya: "mungkin kamu bakalan ngerti kalo aku udah gak ada di dunia ini". Entah perasaan apa yg membuat asep berkata demikian, mungkin itu kegelisahan atas jiwanya yg sudah pasrah akan dunia yg ia kejar, Cinta yg tidak pernah ia dapat, begitulah kebaperan asep yg terlihat.
Menyesalkah siti?
Atas kejadian tersebut, gue yakin siti menyesal, menyesal karna telah memberikan harapan-harapan palsu pada asep.
Lalu, gue coba pahami kejadian tersebut Dan coba Tanya pada siti:
" kalau dia masih hidup, apakah kamu bakalan terima dia?"
Apa yg siti jawab?
Diam..diam dan diam.. Satu pertanyaan itu mungkin bakalan jadi ribuan keping pertanyaan yg masuk kedalam batinnya, "mungkinkah? Mungkinkah? Mungkinkah aku menerimanya?"
Setelah melihat mimik muka siti yg bengong atas pertanyaan gue tadi, gue langsung berhenti bertanya padanya, karna gue yakin satu pertanyaan itu bakalan bikin dia tambah trauma. Ya! Begitulah siklus kehidupan manusia, semua penyesalan itu selalu terakhir datengnya, gak pernah tepat waktu. Satu penyesalan kecil bisa saja diperbaiki, tapi jika penyesalan itu sudah dibawa mati, akankan bisa? Mungkin hanya do'a yg mampu memperbaikinya.
Setelah gue renungin tentang penyesalan-penyesalan itu, sebenernya gue juga banyak putar balik merenungi penyesalan-penyesalan gue yg udah lewat, tentang perasaan gue dulu. Duluuu banget.. Ada satu cewe (sebut saja PEVITA PEARCE) yg beneran suka sama gue, tapi gak pernah gue dengerin setiap orang yg bilang "kalo dia suka sama lo!". Karna sebelumnya gue tau kalo dia itu udah punya cowo. Tapi dengan tingkah lakunya saat deket gue, gue jadi bener-bener yakin kalo dia sayang sama gue.
Hingga saat dia terus nunggu Dan nunggu gue, gue malah makin gak yakin, gak yakin buat ngungkapin, gue gak bisa.  Masalah nya saat itu gue gak tau betul kalo dia bener-bener sayang sama gue. Ya, saat-saat itu datang, kita malah dipisahkan oleh jarak, jarang kontekan Dan hal lain bikin kita jauhan. Meski dia nyoba hubungin gue terus tapi pada saat itu juga gue malah lagi sama orang lain, dan saat itu juga dia punya orang lain, dia sering kok curhat tentang cowoknya, bagaimana saat-saat bersamanya. Loooh ini apaan? kode lagi? Iyah, tapi GUE GAK PEKA, GAK BERANI NGOMONG, GUE PENGECUT, GUE JUGA SUKA SAMA ELOOOOO!!!
sampai pada akhirnya dia... Menikah dengan orang lain. Dan.. Disini gue ngerasa kehilangan, ngerasa penuh penyesalan, ngerasa jadi banci taman lawang. Dan gue mikir " harusnya dulu gue bilang kalo gue juga suka sama lo...!!" Aarrrghh.. Seperti inikah penyesalan itu?
Emang Cinta gitu yah? Penyesalan gak bisa diperbaiki yah? Bisa balik kayak dulu lagi? Dimanakah doraemon?
Sama hal dengan yg dirasakan siti, penyesalan emang selalu dateng di akhir, kalo diawal namanya pendaftaran. Lalu, apa yg harus dilakukan setelah penyesalan itu datang? Kita galau? Nangis? Atau nguras lautan? Enggak! Semua itu gak boleh dilakuin, yg harus kita lakukan adalah MOVE ON dari rasa bersalah itu sendiri, kalau sudah terjadi ya mau gimana lagi. Dan jika itu gak bisa diperbaiki, ya kita jangan coba lakukan kesalahan-kesalahan yg sama lagi. Kita berubah, lakukan hal-hal yg mungkin bakalan berdampak positif pada diri kita sendiri.
Karena, hidup dalam penyesalan itu gak enak, banyak galaunya sampe-sampe kita mungkin gak bakal bahagia kalo penyesalan itu kita pikirkan. Maka dari itu cobalah merelakan apa yg udah terjadi, keresahan-keresahan itu mungkin aja bisa bunuh perlahan batin kita.
Pertanyaan gue, SUDAH LEPASKAH KALIAN DARI SETIAP PENYESALAN?
Dan buat siti.. Udah yah jangan disesali terus, mending peluk abang, sini sini..

Writer by a blog http://dianhendrianto.blogspot.com

4 Feb 2016

Beberapa alasan orang berantem sama pacar menurut alit susanto

Pernah berantem sama pacar? Ngomong sana-sini sama pacar terus pacar kamu ngeluarin alasan ini itu. Apa aja sih alasannya? Nah Kali ini baraya gemsor bakalan ngerangkum beberapa alasan orang pacaran menurut shitlicious.com

Telat Ngabarin

Jadi temen gue ini orangnya pelupa. Masih muda tapi suka pikun. Gue yakin kalo tititnya nggak nempel di tubuhnya, pasti udah sering ketinggalan di pos ronda. Gara-gara sifat pelupanya ini, dia sering diomelin pacarnya karena suka telat ngabarin kalo lagi apa-apa, sedangkan pacarnya ini posesif banget, tiap pacarnya ngapa-ngapain, dia selalu minta kabar. Tarik nafas sama buang nafas juga kudu ngabarin lewat BBM.

"Sayang.. Aku lagi narik nafas nih.. PING!!"
"Sayang.. Aku lagi buang nafas nih.. PING!!"
"Sayang.. Hari ini e'ekku pulen loh.. PING!!"

So, mulai sekarang jangan heran kalo liat orang yang ke mana pun, kapan pun selalu nunduk dan ngetik di BBM. Dia lagi sibuk ngabarin pacarnya yang posesif.. Kasihanilah dia.. Pacarnya pasti galak banget.. Kalo ketemu orang kayak gitu, deketin pelan-pelan, terus kasih support sederhana kayak bilang, "Sabar ya mas.." sambil dielus-elus pundaknya, biar dia tegar menghadapi cobaan ini.


Salah Kirim BBM/SMS

Ini adalah salah satu kesalahan yang sering terjadi sama setiap orang. Yah, bukan manusia namanya kalo nggak pernah ngelakuin human error. Salah kirim SMS/BBM itu bisa dibilang kesalahan yang manusiawi. Tapi sayangnya, banyak yang secara "sengaja" ngelakuin modus salah kirim SMS/BBM buat nyari kenalan baru untuk kemudian diajak curhat-curhatan, dan... Jadian deh..

Tapi untuk masalah salah kirim SMS/BBM ke pacar sih, kayaknya nggak perlu ampe dibawa ribut juga, selama apa yang ada di dalam SMS/BBM itu bukan tulisan yang mengundang konflik. SMS/BBM yang mengundang konflik? Gue pernah dapet SMS/BBM kayak gitu dari mantan calon gebetan gue. Sampe-sampe skrinshotnya masih gue simpen ini:

Nek ngene iki sing pekok sopo, jal?!

Salah Sebut Nama

Gue sering ngeliat temen gue itu digampar di depan umum gara-gara nggak sengaja manggil pacarnya pake nama cewek lain. Pacar temen gue itu langsung ngomel-ngomel di depan muka dia sambil bilang: "Supri itu siapa? Pacar lo? Selingkuhan lo? Terus gue lo anggep apa?!" *Plak!*

Iya, ceweknya marah besar.. Padahal temen gue cuma salah manggil pake nama cowok.. Dasar posesif. Semenjak saat itu, temen gue nggak pernah manggil pacarnya pake nama lagi.. Tapi pake sebutan "Beibi..", dan semua cewek atau cowok yang dia kenal, dia panggil "Beibi" juga, buat jaga-jaga biar dia nggak salah manggil pacarnya lagi.. Cerdas! Dan jijik juga gue.

Ditinggal Tidur

Biasanya yang LDR ngalamin hal ini. Ditinggal tidur pacar pas telponan. Yah nggak boleh langsung ngambek sih, bisa aja pacarnya kecapekan karena beraktivitas seharian. Orang kalo kecapekan kan tidur itu kayak pingsan, tau-tau dunia berasa gelap dan bablas tidur tanpa ucapan selamat malam. Soalnya, kadang ada juga yang udah ngantuk, tapi nggak tega buat bilang ngantuk pas sadar si pacar lagi seru-serunya cerita tentang keseharian dia.. Itulah kenapa, tanpa sadar dia tiba-tiba tidur gitu aja..

Ditinggal tidur, menurut gue adalah alasan yang bodoh buat berantem. Kecuali kalo ditinggal tidur bareng selingkuhannya..

Lebih Sering Jalan Sama Temen

Temen gue ini emang lebih suka nongkrong sama temen-temennya. Dan untuk menghormati azas kerukunan antar umat berasmara, dia nggak pernah mau bawa pacarnya kalo lagi nongkrong sama temen-temennya. Iya, soalnya temen-temen dia itu jomblo semua.. Termasuk gue. #SesekPasNulisIni

Niatnya emang baik sih, tapi karena pacarnya posesif, hawanya selalu curigaan dan su'udzon mulu. Jadi setiap kali dia dikasih kabar kalo cowoknya lagi hangout gitu, dia bakal mikir kalo cowoknya lagi dugem sama cewek-cewek seksi, atau lagi arisan sama ibu-ibu pejabat.

Gak Diakuin

Tau nggak sih lo, seindah-indahnya pacaran itu sih kalo kita bisa jalan dan have fun gak cuma sama pacar doang, tapi sama temen-temen setongkrongan juga. Apalah arti pacaran kalo tiap lagi jalan, lo dapet kalimat kayak gini:

"Nanti kalo ketemu temen-temenku, ntar lepasin gandengan kamu ya.."

Atau,

"Nanti kalo ketemu mantanku, kamu agak menjauh dari aku ya.."

Atau,

"Nanti kalo ketemu pacarku, kamu pura-pura ngemis aja ya.."

Ya, itulah pedihnya dicintai tapi tak diakui..Diajakin jadian, tapi tidak pernah dibanggakan. Diajak pacaran, tapi nggak pernah diajak jalan..

Dan, apakah alasan terakhir ini wajar buat bikin berantem? Enggak.

Yap.. Semua alasan di atas, menurut gue nggak pantes buat dijadiin alasan untuk berantem. Karena dalam pacaran, kalo udah ada komunikasi yang baik, nggak bakal ada kata berantem. Dengan komunikasi yang lancar, rasa percaya kepada pasangan akan semakin besar. Dengan komunikasi yang baik, nggak bakal ada niat dari pasangan buat curhat ke orang lain sampe dapet solusi yang nggak bener. Jaman sekarang emang gitu.. Hati-hati aja.. Jarang ada orang yang mau dicurhatin tanpa menyisipkan niat agar bisa nge-PDKT-in.. Hihihihihi..

So, kalo ada kesalah pahaman, mending buruan diomongin sama pasangan.  Kalo ngerasa salah ya ngaku salah, kalo udah ada yang ngaku salah ya nggak usah diperparah.. Jangan malah diem-dieman, terus nyari orang lain buat jadi pelarian.. Yang ada ntar malah terjadi perselingkuhan.. Hihihihi

Itu tadi beberapa alasan orang pacaran bisa jadi berantem versi alit susanto (shitlicious.com) Kalo  alasan bodoh untuk berantem versi kalian apa? Share di comment box ya!

26 Jan 2016

Pemkab Cianjur Minta Bantuan Pusat Bebaskan Lahan Situs Gunung Padang

Situs Megalith Gunung Padang Cianjur. / foto: deon @infocianjur

#INFOCJR – Pemerintah Kab. Cianjur kesulitan anggaran untuk membebaskan tanah yang masuk zona inti situs megalitikum Gunung Padang di Desa Karya Mukti Kecamatan Campaka pada tahun 2016. Saat ini tengah berupaya meminta bantuan dari pemerintah pusat untuk membebaskan sisa tanah seluas 12 hektare.

Seperti diberitakan PIKIRANRAKYAT, senin (25/01/16). Menurut Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Cianjur, Akos Koswara, Pemkab Cianjur sejauh ini baru mampu membebaskan tanah disekitar Situs Gunung Padang seluas 7,5 hektar. Itupun dilakukan secara bertahap sejak 2011 silam.

“Kita keterbatasan anggaran, pembebasan tanah di areal Situs Gunung Padang tahun 2016 ini tidak dianggarakan dalam APBD. Sehingga kita berupaya sisa dari tanah yang belum terbebaskan sekitar 12 hektar meminta bantuan ke pemerintah pusat,” kata Akos saat ditemui di kantornya Senin (25/1/2015).

Dikatakan Akos, jumlah lahan yang masuk zona inti dan penyangga Situs Gunung Padang yang harus dibebaskan mencapai 29 hektar. Dari jumlah tersebut telah dibebaskan melalui anggaran APBD Cianjur dan anggaran dari APBD Provinsi serta dari APBN.

“Tahun 2015 lalu ada pembebasan tanah yang didanai oleh APBD Provinsi Jawa Barat seluas 3,6 hektare dan APBN seluas 3,5 hektar. Sisanya sekitar 12 hektar lebih kita harapkan dari pemerintah pusat bisa direalisasikan tahun ini. Informasinya masuk dalam anggaran APBN perubahan,” katanya.

Sisa tanah sekitar 12 hektar yang belum terbebaskan dari kepemilikan masyarakat tersebut berada di Kampung Cimanggu Desa Karya Mukti. Kondisi tanahnya merupakan perkampungan penduduk. Sehingga dipastikan biaya untuk pembebasannya berbeda dengan pembebasan tanah yang telah dilakukan.

“Tentunya akan lebih mahal, sebab yang dihitung tidak hanya harga tanah, tapi juga ada harga bangunan. Kalau sebelumnya per meter persegi tanah bisa dengan Rp 50 ribu, untuk yang 12 hektar sudah barang tentu lebih. Tapi itu semua sekarang menjadi kewenangan pemerintah pusat,” paparnya.

Direncanakan, Situs Megalitikum Gunung Padang nantinya akan menjadi Taman Nasional yang pengelolaanya menjadi kewenangan pusat. “Ya kabarnya seperti itu, mudah-mudahan bisa terwujud, tapi waktunya kapan, kita lihat saja nanti,” tegasnya.

Ketika disinggung persoalan selama proses pembebasan tanah, Akos menegaskan tidak terjadi persoalan yang signifikan. Hanya ada riak-riak dari pemilik tanah yang menginginkan harga lebih dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Namun setelah dikoordinasikan riak-riak tersebut bisa terselesaikan.

“Kita bersentuhan langsung dengan pemiliknya, tidak ada yang melalui biong. Kalaupun ada riak-riak, itu dari pemilik langsung dan bisa kita selesaikan, sehingga proses pembebasan tanahnya berjalan sesuai yang diharapkan,” jelasnya. (Deon)

Sumber: infocianjur.com